Beli Apa Dek ? Bahagia

mon-petit-chou-photography-284495

Ah yang bener Kang, apa iya kebahagiaan bisa dibeli ?

Menurut penelitian di Universitas Cambridge tahun 2016, uang dapat dikorelasikan dengan kebahagiaan. Pada artikel berjudul Spending for Smiles: Money Can Buy Happiness After All, membelanjakan uang sesuai dengan kepribadiannya akan mendapatkan kebahagiaan lebih. Contoh sederhananya adalah seseorang kutu buku memiliki kecenderungan akan lebih bahagia ketika menggunakan uangnya untuk membeli barang sesuai kepribadiannya, iya buku.

Erita Narhetali, seorang dosen dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia juga mengungkapkan hal senada. Kepemilikan akan mendorong seseorang untuk memiliki emosi positif.

Memang benar, tidak semuanya yang memiliki uang pasti bahagia. Namun dapat kita lihat pada sebagian orang, nominal uang yang kurang, kerap kali menimbulkan pertengkaran bahkan keributan.

Ada beberapa cara membeli kebahagiaan dengan uang, yaitu:

1. Belilah Pengalaman

Rasa bahagia yang berlipat mampu kita dapatkan ketika membeli pengalaman. Contoh: mengeluarkan uang untuk berlibur dengan keluarga akan lebih memiliki kesan mendalam daripada membeli gadget idaman yang mungkin bahagianya hanya sebentar.

2. Jangan Pelit

Sejomblo-jomblonya manusia, kita tidak ditakdirkan untuk hidup sendiri. Sisihkan sebagian harta kita untuk membahagiakan orang lain. Tak perlu disebut di sini, kamu selalu paham bagaimana caranya. Awali mulai dari yang terdekat, orang tua.

3. Membeli Waktu

Menghemat waktu dengan membeli sesuatu yang berguna. Sebagai contoh, membeli rumah dekat dengan tempat kerja dan sekolah agar menghindari kemacetan. Atau mulai berinvestasi pada aset yang produktif.

Lengkapi juga beberapa hal di atas dengan:

A. Jangan suka membanding-bandingkan dengan orang lain

B. Syukuri segala kondisi

Referensi: Fachmy Casofa & DuitPintar

Photo by Mon Petit Chou Photography on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s