Kerja Dimana Mas ???

corinne-kutz-211251

Salah satu pertanyaan paling umum nomor sekian ketika kita bertemu kawan lama, tetangga, atau saudara. Pertanyaan klasik yang kadang harus dibumbui kesabaran dan dibungkus senyuman bagi mereka yang sedang berjuang mencari maupun menciptakan pekerjaan. Akan ada waktunya setiap manusia kan bertemu pertanyaan ini. Kadang disertai kalimat-kalimat lain yang lebih pahit atau pedas.

Pekerjaan yang baik lagi benar harus diperjuangkan, kamu juga. Tulisan singkat ini bukanlah membahas mengenai karyawan vs usahawan. Mereka sama-sama baik, sama-sama memiliki kelebihan-kekurangan, serta sama-sama saling melengkapi. Tulisan ini sedikit membahas mengenai apa saja yang sebaiknya diperhatikan ketika mulai memasuki masa-masa berkarir, antara lain:

1. Mau Jadi Apa ?

Hidup dimulai dari mimpi, makanya segera bangun ! Tentukan mau jadi apa nanti, mau jadi siapa besok. Tujuan yang jelas akan membuat kita lebih rapi dan terarah dalam merencanakan jalan menuju ke sana. Carilah tujuan yang memiliki makna dan kebermanfaatan untuk banyak orang.

2. Orang Tua Setuju ?

Orang tua adalah perantara sehingga kita mampu lahir ke dunia. Ridho orang tua bisa melebihi segalanya. Pastikan setelah tahu mau jadi apa nanti, mohonkan restu pada mereka. Masih belum direstui ? Coba dekati kembali dengan hati.

3. Kemampuan dan Kemauanmu Sudah Terkondisi ?

Setelah tujuan terpampang jelas, pastikan kemampuan dan kemauan berjalan senada dan selaras. Kamu pasti tahu apa efeknya ketika kemampuan tak sebanding dengan kemauan, begitu juga sebaliknya.

4. Berjuang Dong !

Cerita indah tidak terlahir dari barisan paragraf yang berjalan mulus tiada masalah. Rencana tanpa aksi hanya kan berujung wacana basi. Jadi ? Laksanakan dan Berjuang !

5. Doa

Selalu iringi doa dalam setiap prosesnya. Insya Allah hal ini mampu membentuk diri untuk siap gagal maupun siap berhasil. Karena manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, selebihnya bukan kuasa kita.

Referensi: Ziliun & Strategi Managemen

Photo by Corinne Kutz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s