Jogja Creators Meetup #4 – Passive Income Ala Desainer

WhatsApp Image 2017-07-23 at 20.05.13Siang hari kemarin cuaca cukup cerah, setelah di hari sebelumnya Jogja diselimuti mendung dan barisan tetes hujan yang damai. Minggu tanggal 24 Juli 2017, Alhamdulillah diberi kesempatan untuk sedikit bercerita tentang icon design di acara Jogja Creators Meetup #4. Acara besutan Mas Aryo Pamungkas dari SLAB Dsgn ini merupakan obrolan berseri dalam tiap beberapa bulan sekali. Mengusung tema dan pengisi yang berganti-ganti di setiap episodenya.

WhatsApp Image 2017-07-23 at 20.05.12Mas Aryo sebelum membuka acara

Mari kita tarik garis waktu mundur beberapa puluh hari ke belakang. Sebelum Ramadhan berakhir, aku dihubungi Mas Aryo via aplikasi ngobrol masa kini, Whatsapp. Beliau mengajakku untuk berpartisipasi sebagai pengisi dalam acaranya. Satu hal yang mencipta kaget di dada adalah ketika disebut satu nama senior illustrator di Jogja, Rahmad Kurniawan atau biasa dikenal dengan nickname Roompoetliar sebagai pemateri juga di acara. Sebuah kehormatan bisa satu lantai dan satu poster dengan beliau.

WhatsApp Image 2017-07-23 at 20.05.11Sesi Pertama: Icon Design for Everyone

Tulisan ini tidak akan memuat materi kemarin secara detail. Untuk file presentasi kami dan beberapa materi sebelumnya bisa teman-teman dapatkan di sini. Video dokumentasinya dapat dicek di sini.

WhatsApp Image 2017-07-23 at 20.05.14Sesi Kedua: Passive Income as Graphic Illustrator

WhatsApp Image 2017-07-23 at 20.05.15Ramai terkondisi, kaya’ acara kondangan

Alhamdulillah acara berjalan ramai lancar, selesai dengan hati longgar. Mulai pukul 12.30 sudah ada beberapa orang yang datang. Aku masih sempat bolak-balik ke belakang, beser dadakan. Purna acara pukul 15.00 pun masih ada yang berkumpul dan berbincang.  Hal menggembirakan pada hari itu adalah bisa bertemu banyak teman baru maupun kawan dunia maya yang jadi nyata. Banyak yang hadir dari luar Jogja. Sebutlah nama Jakarta, Semarang, Depok, Kudus, sampai Surabaya. Ada yang bercerita bahwa ia berangkat pagi dari Jakarta, pulang kembali di sore hari. Tentu cerita seperti ini membuat haru dalam sanubari. Bahagia itu engga sederhana, rumit saat harus terucap kata, kompleks ketika mesti terungkap suara.

Satu yang tak terlupa. Sebelum pulang ke peraduan, aku sempat menyimak cerita hijrah seorang vector artist kawakan Indonesia. Tentang bagaimana kehidupan masa lalunya dimana kelimpahan dunia bukan hal yang sukar didapat, namun perkara akhirat terasa jauh baginya. Cerita tentang bagaimana proses ia menemukan jodohnya yang kemudian bersama-sama bertualang melewati rintang-terjal kehidupan bersama. Kisah tentang perjuangan menjemput rezeki yang barokah, dengan berusaha membuat desain-desain yang tidak melanggar aturan agama.

Tidak lupa, foto-foto dalam tulisan ini aku dapatkan dari Mas Aryo. Terima kasih banyak untuk kawan-kawan yang datang. Terima kasih besar untuk Linglung Kopi atas tempat dan kudapannya. Terima kasih juga untuk keluarga inipagi (Nasik, Asyrof, Anas) yang bersedia membantu dokumentasi maupun pendukung hati.

One thought on “Jogja Creators Meetup #4 – Passive Income Ala Desainer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s