Atur Keuangan, Kondisikan Kebahagiaan

wayne-dery-45610

Bukan tulisan baru, hanya saja terasa penting dan bermanfaat. Teramat sayang kalau tak dibagi lagi. Melengkapi tulisan beberapa waktu lalu tentang uang dan kebahagiaan. Di sini akan dijelaskan mengenai tips mengelola keuangan oleh Li Ka-Shing, seorang miliarder asal Hong Kong.

Menurut beliau, bagilah pendapatan bulanan ke dalam 5 bagian.

1. Biaya Hidup

Alokasikan 30% dari total pendapatan untuk biaya hidup. Usahakan untuk hidup sehat dan sederhana. Lebih hemat lagi ketika kita bisa memasak untuk makanan sehari-hari. Pertahankan gaya hidup biasa dan pilah kembali mana kebutuhan, mana keinginan.

2. Pertemanan

Jangan lupa untuk memperluas jaringan. Sediakan 20% dari pendapatan untuk menambah dan mempererat tali pertemanan. Sesekali traktirlah teman yang lebih pandai atau lebih ahli dalam suatu hal, ambillah banyak pelajaran ketika mengobrol dengannya.

3. Belajar

Gunakan 15% dari pendapatan untuk belajar. Bisa melalui buku atau seminar. Investasi dari leher ke atas akan memiliki manfaat yang lebih panjang, jauh menembus masa depan.

4. Liburan

Tiada lagi ungkapan ‘kurang piknik, panik’. Sediakan 10% dari pendapatan yang kemudian dapat ditabung selama beberapa bulan untuk akhirnya digunakan berlibur dan mengisi kembali pasokan kegembiraan.

5. Investasi

Karena hidup bukan hanya untuk saat ini dan diri sendiri, 25% pendapatan dapat digunakan untuk investasi. Pelajari dan pilih lagi di mana kita sebaiknya berinvestasi. Sebagai contoh: tabungan, emas, properti, dan reksadana. Anggaran untuk kegiatan sosial juga dapat dimasukkan ke dalam pos ini.

Sebagai contoh, pengelolaan uang untuk seorang karyawan swasta dengan gaji 4 juta rupiah per bulannya.

Gaji 4,000,000

Biaya Hidup (30%) = 1,200,000

Pertemanan (20%) = 800,000

Belajar (15%) = 600,000

Liburan (10%) = 400,000

Investasi (25%) = 1,000,000

Sekali lagi, pembagian persentase di atas bersifat saran dan bukan hal yang diharuskan. Sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan keadaan. Pilih kembali pembagian mana yang paling besar sesuai dengan prioritas.

Referensi: Hipwee & StartupBisnis

Photo by Wayne Dery on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s