Kurangin Modus, Banyakin Fokus

janko-ferlic-153521

Selamat hari Rabu yang sebentar lagi berlalu. Selamat datang tumpukan rencana yang harus disegerakan esok hari. Bersiap menjalani hari penuh kegiatan, butuh banyak fokus yang harus dimainkan. Memang betul setiap manusia susah untuk 100% fokus setiap saat. Namun ada beberapa hal yang dapat kita perhatikan agar fokus lebih tertata.

1. Atur Hari

Sediakan 20-30 menit untuk mengatur rencana harian atau mingguan. Tentukan dengan apik kapan kita harus beribadah, kapan bekerja, kapan harus berlibur. Jangan dioplos, jangan dicampur. Sebagai contoh: tinggalkan kegiatan mengecek inbox sms di saat sedang bekerja, dan tinggalkan inbox email pekerjaan tatkala berlibur.

2. Isolasi Diri

Jauhi keributan dan carilah tempat tenang. Situasi lingkungan yang kondusif mampu memberikan peningkatan fokus pada diri. Tidak ada keharusan untuk memilih Pantai maupun Gunung.

3. Gunakan Pendingin Ruangan

Menurut Michael Hyatt, seorang pembicara dalam bidang pengembangan diri, suhu ruangan yang dingin mampu membuat kita lebih berkonsentrasi. Sesuaikan suhu ruangan dengan kondisi masing-masing. Sirkulasi udara yang baik berbanding lurus dengan tingkat fokus.

4. Tinggalkan Ponsel

Meskipun sepi bunyi notifikasi, keberadaan ponsel sering memecah fokus kita. Meletakkan ponsel pada ruang yang berbeda dapat membantu kita lebih tenang dalam beraktivitas.

5. Minum Air Putih

Selain menghilangkan dehidrasi, air putih mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Letakkan gelas atau botol berisi air putih tidak jauh dari tempat kita beraktivitas.

Untuk aku, kamu, dan mereka yang berbeda asa. Selalu perhatikan fokus kita dalam kehidupan sehari-hari. Lelah boleh, menyerah jangan. Hal-hal di atas terlihat sederhana, semoga punya dampak yang baik pasca terlaksana, Insya Allah. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, PR kita adalah berusaha semaksimal mungkin menjadi manfaat untuk sesama. Kondisikan nurani dan ragawi. Gunakan waktu sebaik mungkin. Kurangi modus, perbanyak fokus. Kurangi selfie, giatkan ngaji.

Oke ?

Referensi: Hipwee & Ziliun

Photo by Janko Ferlič on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s