Jangan Kenal Nanti Rindu

dimi-katsavaris-222748

Salah satu tugas manusia adalah berinteraksi dengan manusia dan makhluk lainnya lainnya. Terlebih ketika mampu memberi dan membagi manfaat bagi yang lain. Perkara aku atau kamu masih sendiri, itu urusan nanti.

Menjadi makhluk yang tidak bisa jauh dari interaksi dengan sesama membuat kita harus bersiap setiap saat. Tiap insan memiliki warna pribadi yang berbeda. Menjaga frekuensi yang sama membuat interaksi kita lebih asik. Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk menjadi pribadi positif yang mampu bertahan di setiap kondisi, antara lain.

1. Tunjukkan Ketertarikanmu

Tatkala berbincang dengan orang lain, tunjukkanlah rasa ketertarikanmu dengannya. Pancing dengan pertanyaan-pertanyaan seputar hal yang mereka sukai. Jangan lupa juga untuk memberi komentar dan pendapat di sela obrolan tentang topik tersebut. Cara ini membuat kita lebih mudah beradaptasi dengan orang-orang baru. Jangan lupa, jadilah pendengar yang baik.

2. Pahami Perasaan yang Lain

Entah berapa persentase pembagiannya, setiap manusia memiliki logika dan perasaan. Konon, wanita adalah khalayak perasa dan pria adalah entitas berlogika. Meski banyak remidi fisika di zaman SMA. Jagalah betul diri dan lisan ini saat berinteraksi. Pahami bahwa setiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Ingat sebuah kata kunci, yaitu ‘peduli’.

3. Hargai Mereka

Masing-masing manusia ingin dihargai. Begitulah sifat dasar kita. Berikan respon positif pada kelebihan orang lain dan pada setiap apa yang mereka lakukan. Ketika ada kekurangan, tetap hargai itu dengan tidak memberikannya tanggapan negatif. Gunakan diksi yang hangat. Nyaman terdengar, enak diterima.

4. Utamakan Orang Lain

Pada beberapa waktu tertentu, utamakan untuk menolong orang lain. Pada bangku Sekolah Dasar kita pasti mempelajari ini. Kehidupan orang akan terasa lebih bermakna ketika ada orang lain yang membuatnya merasa penting.

5. Percaya Diri

Banyak inspirasi bertebaran di muka bumi. Hanya ambil perkara-perkara baik dari mereka, tinggalkan sisanya. Tak perlu minder dengan keadaan. Tetap bersyukur dan berjalan tenang ke depan.

Menjadi pribadi baik akan memicu rindu pada yang lain. Tak perlu memotivasi diri menjadi orang yang ingin dirindu. Benahi lagi niat ini. Bertebar keindahan hidup ini ketika aku-kamu-mereka ingin dan sedang menuju baik.

Referensi: Metagraf & Hipwee

Photo by Dimi Katsavaris on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s