Nanti Ngapain ?

james-douglas-2077

Di sini matahari meninggi, di belahan bumi lainnya mungkin mulai mengundurkan diri dari garis batas langit. Petang menjelang datang dan hari segera berlalu. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan mengisi waktu petang, yaitu.

1. Jalani Hobi

Merasa lelah setelah bekerja seharian adalah manusiawi. Ketika masih ada waktu dan tenaga, tiada salahnya menggeluti kembali hobi lama yang mulai terlupa. Membuat sketsa, menulis, atau hal lain yang dapat dilakukan dan membuatmu nyaman. Nikmati sepenuh energi, syukuri lagi dan lagi.

2. Menghibur Diri

Biarkan pundi-pundi kebahagiaan terisi oleh hiburan yang kita temui. Melepas penat dengan bersenang-senang itu boleh, ingat kembali batasnya. Olahraga, atau bercengkerama dengan keluarga, bisa jadi pilihan. Tiada hiburan? Cobalah tertawa sendiri, mungkin ada hal yang bisa diingat dan ditertawakan.

3. Baca Buku

Pilihlah beberapa bacaan baik buku, majalah, atau artikel ringan untuk menemani waktu sebelum beristirahat. Singkirkan berbagai gangguan (seperti ponsel) ketika membaca agar tulisan lebih meresap dalam benak kita.

4. Kerjakan Proyek Sampingan

Gunakan waktu yang ada untuk menyelesaikan proyek sampingan yang kita miliki, bisa berupa proyek komersial atau sosial.

5. Berteman

Masa depan dapat dipengaruhi teman. Karena siapa kita sangat bergantung dari siapa teman-teman terdekat kita. Jalin koneksi dan berbagilah inspirasi. Bukan hanya nongkrong haha-hihi tanpa isi.

6. Olahraga

Mungkin sebagian dari kita tidak sempat olahraga di pagi hari. Menjelang istirahat lakukan gerakan-gerakan ringan untuk mencari keringat. Jangan lupa bahwa sehat itu penting, kamu juga.

7. Rawat Sisi Spiritualitas

Hiruk-pikuk duniawi sering membuat kita lalai bahwa hidup hanya sementara. Manfaatkan sore sampai dengan malam untuk mempelajari ilmu agama atau meningkatkan kualitas ibadah kita. Banyak kajian bertebaran. Pelajari ilmu-ilmu dasar sebagai pondasi. Bukan sekedar belajar dari video pendek yang bertebaran di layar maya.

Satu minggu berisi 7 hari, atur dan tentukan sendiri kegiatan mana saja yang dapat dilakukan. Sesuaikan kembali dengan kondisi masing-masing. Jangan lupa untuk mengais banyak manfaat dari kegiatan-kegiatan tersebut. Semoga hati terkondisi, pikiran jernih kembali 🙂

Referensi: Hipwee & Metagraf

Photo by James Douglas on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s