Mari Gembira

hannah-tasker-333889

Selamat pagi dan selamat hari Kamis! Semoga kita semua selamat di hari ini dan hari-hari yang akan datang.

Sempatkan waktu beberapa menit untuk membaca tulisan ini. Barangkali cocok. Siapa tahu bermanfaat.

Gembira dan bahagia adalah hal yang sangat dicari dan ingin segera ditemukan oleh setiap insan. Terlebih ketika kegembiraan tersebut dilengkapi dengan rasa tentram.

Perhatikan beberapa poin berikut dalam perjalanan kita mencari gembira:

1. Pilihan Hidup Kita Berbeda

Coba ingat kembali di masa lalu ketika seragam putih-merah sering kita pakai. Apakah semua teman kita di Sekolah memiliki cita-cita yang sama ? Tentu beragam, meski beberapa ada yang senada. Kegembiraan setiap orang berbeda-beda karena pilihan hidupnya pun tak sama. Semakin hari kita kan sadar, kita sendiri yang menentukan arah, yang lain memberi masukan dan mengingatkan, Allah yang menentukan hasilnya.

2. Menabung Pengalaman

Ada banyak ilmu dan pengetahuan di balik pengalaman. Perbanyak tabungan pengalaman ketika berkegiatan, bersosial, atau bekerja. Ambil dan tiru sesuatu yang baik ketika itu memungkinkan. Singkirkan hal-hal yang buruk dan jadikan pelajaran untuk masa depan.

3. Berubah

Perubahan itu bertahap. Pilihlah perubahan menuju perbaikan. Bukan berbelok dan salah jalan. Jikalau perlu, paksakan diri tatkala ada kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik. Merutinkan ikut kajian sore di Masjid sekitar kampus, adalah salah satu contohnya.

4. Menulis

Luangkan sedikit waktu untuk mengecek media sosial kita. Apakah tulisan pada status facebook kita memiliki nilai manfaat ? Apakah caption instagram kita mengandung makna ? Renungkan kembali, bahwa apa yang kita tulis dan bagikan akan dipertanggungjawabkan suatu hari nanti. Tidak ada kewajiban untuk selalu menulis bait kata motivasi. Sebar kebaikan dimanapun dengan tulisan kita. Sesederhana ucapan “Selamat pagi, jangan lupa sarapan”.

5. Cinta dan Syukur

Selalu cintai dan syukuri apa yang kita miliki. Sadari kembali, ada sebagian orang yang tidak seberuntung kita. Hidup hanya sebentar, tak lebih lama dari parkir di ATM.

Demikian beberapa poin yang bisa kita perhatikan kembali dalam mencari satu hal bernama gembira. Jangan risau apalagi dengki dengan pencapaian orang lain. Benahi diri dan maju lagi.

Referensi: Virala & StrategiManajemen

Photo by Hannah Tasker on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s