7 Tips Bermedia Sosial agar Hidup Lebih Indah

chaithanya-krishnan-153633

Siapa tak mengenal Facebook, Instagram, Twitter, Path? Nama yang tak asing lagi. Sebagian kita punya akun di beberapa media sosial itu. Update status bukan hal yang rumit hari ini. Punya ponsel pintar bukan hal ajaib saat ini.

Tujuan penggunaan media sosial bisa berbeda satu sama lain. Sesuai pada kebutuhan dan keinginan si pemilik profil. Entah untuk berjualan, menjalin koneksi, menyampaikan kebaikan, memajang portfolio, dan lain-lain.

Setelah melakukan sedikit pengamatan dari berbagai sudut. Ku coba tuliskan 7 tips bermedia sosial agar hidup lebih indah. Ini adalah versiku sendiri, kamu boleh setuju, boleh juga memperbaikinya.

  1. Hindari Pamer
    samuel-zeller-4134Betul, niat manusia hanya ia dan Dia yang tahu. Pertimbangkan kembali ketika hendak membuat unggahan berupa foto makanan trendi, deret gaji bulanan, gawai mahal, atau kendaraan mewah. Apakah ada nilai manfaat di dalamnya? Atau lebih rentan ada virus pamer di baliknya? Periksa lagi, pikirkan kembali.
  2. Pastikan Bertujuan Baik
    sam-schooler-4824Ada banyak contohnya. Bisa untuk memotivasi, menghibur, sampai memberi solusi. Tepat! tidak semua orang harus menggunakan kata-kata bijak nan berat dalam tiap tulisannya. Banyak cara lain membungkus kebaikan di media sosial.
  3. Kurangi Selfie
    colin-n-301636Poin ini sangat ditujukan untuk para perempuan. Bantulah kami para lelaki dalam menundukkan pandangan. Apalagi untuk sekelompok mereka yang berdandan maksimal namun berpakaian minimal. Atau kelompok lain yang sudah menutup diri dengan baik tapi bergelimang pose yang mengundang. Ingatkan kami untuk semakin menyadari pentingnya menjauhi dosa.
  4. Jangan Membuat Kerusuhan
    benny-jackson-222664Coret kata-kata kasar yang mengarah pada permusuhan. Hindari nyinyir juga nyindir. Tatkala mendapat sebuah kabar dengan judul bombastis, alangkah bijak untuk mengecek keabsahannya. Hapus kebiasaan mudah menekan tombol share pada tiap berita yang kita temui.
  5. Periksa Tata Bahasa
    rawpixel-com-315193Tidak jarang typo membawa petaka. Salah ketik bikin banyak pihak terusik. Ambigu bikin masalah baru. Luangkan waktu sejenak untuk mencermati lagi baris kata yang tertulis. Seperti dalam komunikasi sehari-hari, perhatikan lagi audiens seperti apa yang kita ajak bicara. Dengan siapa kita berdiskusi.
  6. Ikuti yang Diperlukan.
    warren-wong-253600Saring kembali apa dan siapa yang kita follow. Abaikan yang tak penting. Hindari yang membuat hidup semakin pusing. Mencari hiburan itu boleh. Gunakan batas agar tak bablas.
  7. Kita Hidup di Dua Dunia
    ben-white-131242Disadari atau tidak, batas antara dunia nyata dan maya begitu tipis. Ingat lagi bahwa hidup ini sementara. Jangan terus-menerus berkutat di depan media sosial. Ada keluarga yang punya hak untuk kita temui dan diajak bercengkerama. Ada agama yang kita anut dan kewajiban-kewajiban yang harus kita lakukan di dalamnya. Ada juga lingkungan yang butuh ulur tangan kita.

Buat kamu yang sudah baca poin-poin di atas, mari berkomentar dan memberi saran. Ada poin yang ingin ditambahkan juga boleh. Aku juga manusia, tempat salah lagi lupa. Apalagi sebagai lelaki, hal tersebut berlipat dua.

Terima kasih dan sampai jumpa 🙂

Photos by chaithanya krishnan , Samuel Zeller , Sam Schooler , Colin N , Benny Jackson , rawpixel.com , Warren Wong , Ben White on Unsplash

 

2 thoughts on “7 Tips Bermedia Sosial agar Hidup Lebih Indah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s