Renungan dalam Kenangan

daiga-ellaby-154927

Rindu adalah kangen yang resmi menurut KBBI. Kurang lebih beginilah penjelasan yang aku temukan dari https://kbbi.kemdikbud.go.id.

rin.du

1. a sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu: ia akan kemerdekaan

2. a memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu (hendak pulang ke kampung halaman): ia — benar kepada anak-istrinya

Akhir-akhir ini hujan membuat kinerja organ pengingat kenangan yang ku miliki semakin optimal. Nostalgia akan senyum, sapa, dan kata dari orang-orang yang sudah tiada seakan menyeruak kembali dengan derasnya. Cerita bersama mereka, guyon sampai tingkah laku mereka seperti diputar kembali dengan jelas dalam gambar ingatan. Sependek pengetahuanku, rindu bukanlah sebuah penyakit. Namun terlalu berkepanjangan sepertinya tidak baik juga. Mungkin kiriman doa adalah bentuk terbaik untuk menyembuhkannya.

Hampir selalu ku temui pelajaran fisika sedari SMA sampai Perguruan Tinggi. Nilai fisika yang pernah ku pelajari tak pantas dibilang bagus. Namun cukup. Bahkan nilai E pernah kudapati semasa kuliah. Sampai saat ini aku masih belum sanggup menghitung berapa jarak antara kehidupan dan kesudahan. Pembukaan dan penutupan.

Napas kan terhenti. Nadi tidak selamanya berdetak. Introspeksi bisa dilakukan siapa saja. Selagi mau. Selagi mampu. Kita manusia pasti banyak salah. Tingkah laku. Tutur kata. Arah pandangan. Banyak lainnya. Mari lengkapi momen hujan ini dengan banyak memanjatkan doa. Untuk diri sendiri, orang tua, mereka yang sudah tiada, mereka yang ditimpa bencana, dan seluruh manusia. Pengingat tentang singkatnya hidup bisa datang dari manapun. Asah kembali hati ini agar tak lalai dengan manis gemerlapnya dunia. Nihil maksud menggurui dalam deret baris paragraf ini. Besar harapan semoga dapat menjadi pengingat bersama. Amin.

Photo by Daiga Ellaby on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s