Kombinasi Indah antara Kerja dan Ibadah

andrew-neel-308138-unsplash

Beberapa waktu yang lalu saat akun instagramku bisa digunakan untuk Ask Question, aku menanyakan tentang tema apa yang sebaiknya ditulis pada blog ini kemudian. Alhamdulillah ternyata banyak yang memberi respon positif. Ragam saran seputar desain grafis, studio desain, software, pekerjaan, buku, dan lain sebagainya. Pelan dan perlahan aku usahakan untuk mengolah apa-apa yang disarankan dan mengubahnya menjadi tulisan.

Bekerja identik dengan aktivitas duniawi untuk pemenuhan hidup sehari-hari. Tidak sedikit juga manusia yang menjadikan bekerja untuk aktivitas beribadah. Nah, beberapa poin di bawah semoga dapat memberi sedikit tambahan gambaran mengenai hubungan antara bekerja dan beribadah.

  1. Perhatikan Niat
    umit-bulut-143016-unsplash

    Atur niat agar pekerjaan kita menjadi kesempatan untuk mendulang pahala. Sebagai contoh, kita niatkan ketika bekerja untuk mendapat rezeki yang halal. Kuatkan niat untuk hal-hal yang monumental lagi bermanfaat. Seperti misalnya ingin berangkat haji bareng orang tua, membantu keuangan keluarga, berbagi manfaat untuk orang banyak, dan masih banyak lagi. Sependek yang ku ketahui, berniat baik sudah dihitung sebagai amalan baik juga. Mengapa tidak kita lakukan?
  2. Atur Prioritas
    marten-bjork-623843-unsplash

    Salah satu langkah yang dapat dilakukan ketika mengelola banyak hal adalah dengan mengatur prioritas. Hal-hal mana saja yang termasuk penting dan mendesak. Mana saja yang penting namun bisa ditunda. Apa saja yang bisa disebut kurang penting tapi mendesak. Atau kegiatan yang kurang penting dan dapat ditunda. Mengatur prioritas lebih mudah ketika kita menuliskannya lalu mempertimbangkannya masak-masak. Perhatikan juga prioritas kita untuk beribadah seperti sholat, mengaji, dan lain sebagainya.
  3. Optimalkan Kualitas
    alex-jones-6798-unsplash

    Setiap manusia memiliki jatah waktu yang sama tiap harinya. Meski jatah umur pasti berbeda. Dua puluh empat jam dalam sehari, tujuh hari dalam seminggu. Seorang kawan pernah berkata, bahwa salah satu tanda berkahnya waktu adalah ketika seseorang mampu menyelesaikan banyak hal dengan dengan kualitas terbaik di jatah waktu yang sama.
  4. Ada Hak yang Harus Dipenuhi
    samuel-zeller-4138-unsplash
    Manusia memiliki tubuh yang harus dijaga. Tubuh kita punya hak untuk dirawat. Olahraga jangan lupa. Istirahat secukupnya. Keluarga kita memiliki hak atas diri kita. Dalam konteks sosial bermasyarakat, tetangga juga punya hak untuk kita sapa dan kenali. Berbaur dengan mereka, merajut makna dalam hidup.
  5. Kekuatan Doa
    joshua-earle-234740-unsplash

    Temani setiap langkah dengan doa. Sebelum, saat berproses, dan ketika mengakhiri kegiatan apapun. Doa adalah senjata. Memperkuat jalan, memperkokoh hati, melindungi dari hal-hal yang tak diinginkan. Juga sebagai tanda bahwa kita hanyalah manusia. Semua hasil terbaik adalah kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kamu dan teman-teman pembaca lainnya boleh banget buat menambahkan informasi yang berkaitan dengan tulisan ini. Koreksi dan saran sangat diharapkan untuk melengkapi. Terima kasih dan sampai jumpa di rangkai aksara lainnya. 🙂

Photo by Andrew Neel , Ümit Bulut , Marten Bjork , Samuel Zeller , Alex Jones , Joshua Earle on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s