Smartphone Seperlunya dan Manusia Seutuhnya

Apakah kamu sering makan di tempat umum?

Pernahkah memperhatikan, kadang ada sekelompok orang yang duduk dan makan bersama tapi masing-masing sibuk dengan smartphone?

Aku tidak tahu pasti kesibukan apa yang dilakukan setiap orang. Namun rasanya kehangatan berkumpul menjadi berkurang ketika kita sibuk sendiri-sendiri dengan benda yang umumnya berbentuk kotak ini. Smartphone.

Sekitar 3 bulan terakhir aku sedang berusaha mengelola jatah waktu untuk smarphone dan media sosial. Ku gunakan aplikasi bernama AppBlock sebagai bantuan. AppBlock dapat membuat jadwal pemblokiran aplikasi-aplikasi tertentu yang ada di hape.

Telegram, Whatsapp Business, dan juga Facebook Messenger hanya ku aktifkan di hari dan jam kerja. Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Di luar jam itu lebih sering ku optimalkan untuk keluarga, teman, buku, ibadah, dan lainnya.

Hal lain yang sedang kuusahakan adalah membatasi penggunaan Facebook dan Instagram. Ketika jam pulang kerja berkumandang, aku log out semua akun Instagram dan juga Facebook. Menutup kegiatan kerja dengan berdoa dan segera pulang ke rumah bertemu Si Penjaga Hati. Dek Istri adalah sebagian dari rizki.

Satu lagi, membawa buku bacaan dan catatan ketika bepergian. Berusaha mengganti kebiasaan menunduk ke smartphone dengan membaca atau membuat coretan ide. Tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan. Ide sembarang tentang apapun juga kadang aku tulis. Seperti keinginan menanam pakcoy dan memiliki nerf gun.

Lalu, apa manfaatnya setelah mengurangi waktu untuk smartphone dan media sosial? Aku merasa lebih manusia. Menjadi manusia seutuhnya. Tidak terlalu bergantung pada benda kecil itu. Dapat menghargai waktu untuk hal-hal yang lebih berfaedah.

Dunia ini fana, apalagi dunia maya. Sementara dan akan lenyap nantinya. Apa iya, kita akan terus-menerus sibuk di sini?

Photo by Mikito Tateisi on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s