Belajar Menjadi Entrepreneur, Bagaimana Caranya?

Salah satu rutinitas harian yang ku jalani adalah belajar. Terutama ketika di Studio, pekerjaan yang wajib ku selesaikan adalah belajar tentang bisnis. Platform yang sedang ku pelajari yaitu http://formulabisnis.id buah karya mas Jaya Setiabudi. Saat ini masih dalam proses menuntaskannya. Semua materi di sana gratis diakses siapa saja.

Pada situs tersebut dijelaskan tentang 5 Tangga Bisnis di materi pendahuluan. Mengenai fase-fase yang akan kita lewati seiring dengan bertumbuhnya bisnis. Cocok untuk kita yang menempuh jalan ninja sebagai seorang Entreprenur. 5 Tangga Bisnis tersebut meliputi:

  1. Starting – Memulai usaha
  2. Profiting – Memaksimalkan profit
  3. Systemizing – Mendokumentasikan sistem
  4. Multiplying – Menduplikasi kesuksesan
  5. Investing – Melipatgandakan manfaat

Setiap tangga tersebut memiliki banyak materi yang dapat dipelajari sesuai dengan kondisi serta kebutuhan masing-masing Entrepreneur. Kita ambil contoh pada tahapan Starting ada beberapa materi video yang meliputi:

  1. Kondisi Sekarang-Kondisi Diinginkan
  2. Technician Manager Entrepreneur
  3. Simply Selling
  4. Teknik Influence
  5. Rahasia Formula Headline
  6. Anatomy Sales Letter
  7. 7 Formula Buka Langsung Laris
  8. Re-Profiling
  9. Hukum Semut
  10. Negotiation Skill

Ketika kita memutuskan untuk berbisnis, kita harus siap untuk mempelajari banyak hal. Bukan berarti banyak hal itu harus dipelajari semuanya secara bersamaan. Semuanya bertahap, butuh waktu, tenaga, dan juga dana. Sebuah pengingat untuk diri sendiri maupun teman-teman pembaca. Kita semua hendaknya selalu belajar dan meningkatkan kapasitas diri. Karena dunia bisnis ga cuma itu-itu aja. Dunia ini juga.

Akan ada masanya dimana si pemilik bisnis tidak lagi mengurusi hal-hal teknis. Bukan karena malas atau enggan. Selaras dengan pertumbuhan bisnis, tentunya hal-hal teknis sudah dipegang tim. Perkembangan menuju masa depan menjadi fokus utama si pemilik bisnis. Bagaimana menjalin networking, merumuskan kondisi di tahun-tahun berikutnya, mengelola manusia, dan banyak lainnya.

Situs yang aku rekomendasikan di atas adalah salah satu dari banyaknya sumber belajar yang ada di internet. Lengkapi pembelajaran kita dengan seminar dan juga pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan. Buku-buku, berita, dan sumber bacaan lain juga sangat membantu. Salah satu temanku yang bisnisnya cukup besar malah terbiasa mengikuti short course di kampus bisnis ternama. Ia rela merogoh isi dompet untuk kuliah selama beberapa bulan di kampus yang membuka program belajar tersebut.

Jadi, sudah belajar apa hari ini? 🙂

Photo by Aaron Burden on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s