Bikin Studio Jangan Asal Jalan Bro!

Cari anggota tim itu diutamakan yang tawakkal sama Allah, untuk urusan skill bisa dilatih

Begitulah kurang lebih ucapan mas Zaki dari Yufid TV ketika tahun lalu kami berkunjung ke sana. Oiya, foto di atas bukan diambil dari kantor Yufid ya.

Ucapan mas Zaki di atas senada dengan materi yang disampaikan ustadz Muhammad Abduh Tuasikal dalam kajian berjudul Pegawai yang Jujur dan Zuhud.

Kajian yang membahas buku Harta Haram Kontemporer karya ustadz Dr Erwandi Tarmizi ini dilaksanakan setiap pagi ba’da subuh selama Ramadan 1441 H. Isinya kurang lebih 25 menit materi ditambah 20 menit konsultasi. Baik konsultasi tentang materi maupun selainnya.

Foto diambil dari Yufid Store

Mengikuti kajian online adalah salah satu kegiatan yang bisa kita manfaatkan selama masa pandemi ini. Menjadwalkannya rutin merupakan langkah awal. Mengikutinya secara konsisten itulah perjuangan selanjutnya.

Beberapa poin yang bisa aku bagi adalah sebagai berikut:

  1. Syarat pegawai yang baik adalah cakap bekerja dan dapat dipercaya.
  2. Mengangkat orang sholeh untuk menjadi pegawai yang diupah.
  3. Orang yang ikhlas dalam pekerjaannya selain dapat upah juga dapat pahala dari misi kebajikan yang dijalankannya.
  4. Jujur dan shaleh adalah syarat wajib untuk menjadi pegawai di zaman kepemimpinan Umar bin Khattab.
  5. Penting untuk mengangkat pegawai yang zuhud, tidak tamak.
  6. Penting juga untuk saling mendoakan kebaikan antara pegawai dan atasannya.

Poin-poin di atas menjadi pencerahan bagi kita yang diberi amanah untuk mengelola sebuah bisnis. Terutama yang sudah mulai memiliki pegawai dan timnya mulai berkembang.

Menyambung ke judul, membuat sebuah studio desain berarti mengelola sebuah bisnis. Dilarang asal jalan, asal jadi, asal untung. Banyak hal yang harus diperhatikan. Bukan asal-asalan.

Inipagi, studio desain yang aku rintis belum lama ini menggunakan label Creative Muslim Digital Agency. Alhamdulillah akhirnya lebih percaya diri untuk menunjukkan identitas sebagai muslim.

Sebenarnya dari awal Inipagi dibangun kami berusaha menerapkan prinsip-prinsip islami dalam setiap langkah berkarya. Contohnya, kami menolak untuk membuat desain yang berhubungan dengan peribadatan agama lain. Namun label di atas baru melekat selama beberapa waktu terakhir.

Mas Dimas Nurcahyo adalah salah satu sosok mentor yang banyak sekali membantuku dalam hal ini. Beliau yang menyarankan kami menunjukkan identitas muslim agar dapat menyortir klien yang masuk, mengerjakan project, memilih calon anggota tim, dan hal-hal lainnya.

Wah, ternyata bikin studio itu bukan cuma pilih nama terus jalan ya!

Photo by S O C I A L . C U T on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *