Pernak-Pernik untuk Anggota Tim

📦 Pakeet!

Beberapa waktu lalu masing-masing anggota Inipagi studio dapat paket ini. Isinya ada booklet tentang culture, member card, buku dzikir pagi & petang. Khusus member baru ada tambahan kaos Inipagi.

Namanya juga proses berbenah. Harapannya tambah hari, tambah tumbuh. Kalo gitu-gitu aja, malu sama diri sendiri. Hasil belajarnya buat apa kok ga dieksekusi?

Sebagai pemilik bisnis yang belajar secara otodidak, penting untuk punya semangat mau belajar. Sumbernya dari mana? Ada buku, video, seminar, workshop, dan diskusi. Semangat belajar ini juga menjadi budaya dalam tim.

Berikut penjelasan tiap item:

1️⃣ Booklet Culture Inipagi
Dokumentasi hal-hal terkait visi-misi, values, rewards, punishment, agenda, rules, regulations. Sebagian besar poin-poin ini udah terlaksana selama 5 tahun terakhir, perlu dibukukan biar bisa jadi panduan.

2️⃣ Member Card
Tertulis nama dan jabatan tiap member. Di balik kartu ada visi-misi juga buat pengingat. Walaupun ga bisa buat belanja, tapi bukan hal yang sia-sia. Perpustakaan aja pakai kartu anggota.

3️⃣ Buku Dzikir Pagi & Petang
Semoga jadi amalan rutin tiap anggota. Menjadi pahala yang mengalir untuk semua. Terinspirasi kampanye Maghozi dari tim mas Salim Albasam yang waktu itu pernah bagi-bagi buku ini ke orang-orang umum.

Apakah hal seperti ini berdampak pada peningkatan earning?

Memang hal seperti ini belum berdampak langsung pada peningkatan earning. Namun dari sependek pengetahuanku, bisnis itu bukan cuma ngurusin earning. Tim adalah salah satu bagian penting di dalamnya. Mengelola tim adalah sebuah seni menghargai manusia. Lahir dan batin.

Terima kasih banyak untuk temen-temen tim yang membersamai. Sebutlah Fajrul, Anas, Erry, Zulfa, Nanda, dan tentunya istriku, Icha.

Photo by Randy Fath on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *